8 Sep 2013

Mengatasi Jet lag

Jet lag... nobody like it. Apalagi saya yang pernah pingsan di pesawat karena engga ada prevention sebelum penerbangan panjang ke Eropa. Well guys, semoga saran berikut dari "Heathrow's 4 day plan" bisa membantu mengatasi jet lag, terutama dalam penerbangan panjang yang mengalami perbedaan waktu.

3 hari sebelum keberangkatan: FEAST
Sarapan dan makan siang dengan menu yang berprotein tinggi. Dinner dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Batasi konsumsi something yang mengandung kafein (kopi & teh), minum di antara jam 15:00 hingga 17:00

2 hari sebelum keberangkatan: FAST alias puasa makan banyak :)
Makan yang simple-simple aja, light meal seperti salad, soup, buah dan jus

1 hari sebelum keberangkatan: FEAST again !
Kembali meng-konsumsi makanan yang mengandung protein for breakfast and lunch. Kemudian high Carbo pada saat dinner. Kurangi minuman yang mengandung kafein.

Hari keberangkatan: FAST again !
* Batasi asupan kafein di pagi hari jika kamu akan terbang ke arah barat , jika ke arah timur batasi di jam-jam 18:00 hingga 23:00
* Cobalah untuk tidur di penerbangan panjang, bangun lah pada saat waktunya breakfast di tujuan final mu. Tetap terbangun hingga saat landing.
* Breakfast dengan kandungan protein tinggi, hindari makanan pedas dan minuman berkarbonasi.
* Hindari alkohol dan minum lah segelas air (200ml) setiap jam nya.
Sunrise, when landing at Qatar for transit after 8 hours on flight from Jakarta. Then continue to another 8 hours flight to Brussel
Sunset when take-off from Abu dhabi heading to Kuala Lumpur. That after 8 hours flight from Brussel, transit in Abu dhabi for 4 hours, then continue in 7 hours flight to Kuala Lumpur

Posting Komentar