6 Sep 2013

Taste of Sumbawa Vs Belgium way

Saya enjoy bepergian walaupun itu sekedar naik kereta api dari Surabaya ke Jogja, KRL dari Bogor ke Jakarta atau dengan pesawat mengarungi separuh bola dunia selama 20 jam.
Semua hal baru saya nikmati termasuk ngojek di seputaran Jakarta kota, naik angkot keliling kota Malang, bertemu orang2 baru dengan budaya baru dan tentu nya kuliner doong, mencoba makanan kaki lima hingga masakan chef *5.

Di Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat

- Susu kerbau bisa menjadi makanan yang lezat, namanya plopok... it's creamy pudding with brown sugar. When you keep it in fridge for a night, the next day the taste is like caramel ice cream... so yummy!

-  Bumbu utama yang harus ada di dapur Sumbawa adalah asam matang, karena semua masakan harus di asemin hehe... bumbu tempe dan ikan goreng pun hanya asam dan garam. Bumbu sayur bening pun hanya asam dan garam saja... tapi seger loh :p

- Maaf saya baru tahu ketika saya di Sumbawa, hehe... ternyata sebagian penduduk Sumbawa is serumpun dengan orang Sulawesi, di jaman dahulu suku bugis bermigrasi ke kepulaun NTB, hingga saat ini budaya rumah panggung masih banyak kita temui di pelosok NTB.

- Pas kebetulan Ultah saya, saya di ajak ke sebuah tambak ikan milik mertua kakak saya. Tambak itu terletak di pinggir teluk nan luas. Dan kita (keluarga besar mertua kakak saya) menjala ikan, udang bahkan bandeng. Ikan2 segar itu di bakar tanpa bumbu apa2, but the taste is amazing. Ikan bakar segar di hidangkan dengan sambal mentah: cabe, bawang merah, garam, terasi, tomat plus asem muda, dengan sentuhan terakhir: serutan mangga muda... so super yummy di makan dengan nasi hangat. That was my birthday yang paling berkesan. So humble and so natural...

Fresh mujair bakar

Sambal mentah mangga muda

membersihankan ikan segar

Di Belgium

- Di keluarga tempat saya tinggal, menanamkan konsep healthy food: no fried food, no salt in food. Itu bagus namun benar2 menyiksa ku hiks, setiap jam makan terutama lunch or dinner, menuju meja makan bagai menuju meja hukuman... hihi lebay.
Menu makan mostly di rebus, kukus dan mentah (aneka salad). Garam dan merica ada di meja sebagai optional. Karena lidah ku lidah Indo, semua bagi ku terasa hambar. Mereka bilang "jika di beri bumbu, maka rasa asli dari daging/ikan itu akan hilang" I see and it's true... tapi kalo ikan kukus saja di makan dengan nasi putih, serasa sedang puasa mutih haha...
Saat2 itu I really miss nasi padang dan sayur asem Jakarta. But I really appreciate them, who still cook nasi putih khusus buat aku, walo main course nya adalah steak haha...

- Rasa nya aneh ketika waktu makan malam tiba, yaitu jam 21:00 setempat, langit diluar masih cerah seperti jam 17:00 WIB. Itu terjadi pada saat summer dimana waktu siang lebih panjang daripada waktu malam.

Summer di jam 22:00 dan langit masih terang

- Ayah teman saya penyuka Ikan hering mentah, dan setelah saya coba ternyata enak juga hehe... rasanya seperti salmon sashimi, mentah dan manis tapi kalau hering ada rasa asin nya.

- Di jam-jam antara lunch dan dinner, ada snacks time... yaitu enjoy cheese (aneka keju dari susu kambing atau sapi dengan rasa yang aneh) dengan wine atau limun, kadang2 kita makan home made ice cream, sorbet atau cokelat Belgia

Ikan Hering mentah
Home made Strawberry Sorbet
- Pernah setelah jalan2 keliling kota dengan udara 16 derajat celcius, saya pingin banget lunch something yang soupy, hangat dan segar. Kami mampir di sebuah resto yang menyediakan soup ikan, dalam pikiran saya seperti asem2 ikan atau clear soup with fish meat. Namun ternyata yang datang satu bowl besar cream soup seperti bubur... amis dan hambar... yaaaiiiyy. Mau engga mau harus saya habiskan demi kesopanan... haha...
Soup "bubur" ikan
- Pada saat Summer, aneka buah musim panas selalu ada di meja pada jam-jam makan. Orang Eropa selalu menantikan musim semi dan summer, dimana sayuran dan buah-buahan melimpah. Mereka sangat appreciate makanan, karena ada saat di mana musim dingin yang panjang sangat susah mendapatkan sesuatu yang segar. Pada saat musim panas menjelang musim gugur mereka akan me-stock buah-buahan yang bisa di simpan lama, seperti apel, chestnuts, apricot, peach dan labu. Supaya awet, buah dan kacang2 an itu di masak menjadi aneka olahan, seperti selai, manisan atau di keringkan untuk persiapan musim dingin yang ekstrim.

Summer fruits di meja makan

Autumn fruits stock for winter
to be continued... ;)

2 komentar:

Yukezsida mengatakan...

Keren Blog The Traveler ini Ir bikin pengen jalan-jalan juga.Apalagi Tambak Bertong susah dilupakan. Trus kalo ke Belgia sapa yang mau ngajak aku he he.

Unknown mengatakan...

Kenangan Bertong bersama Yuke Zaida berkeroncong ria hahaha...