19 Jul 2010

Travel on Budget

Charleroi Airport, Brussel
Bepergian ke luar kota untuk berlibur memerlukan beberapa persiapan awal, hal ini untuk mempermudah dan demi kenyamanan perjalanan kamu guys. Berikut yang perlu kamu persiapkan:

Budgeting

Cari informasi melalui Internet, majalah, buku mengenai destinasi yang akan kamu datangi supaya kamu tahu betul apa yang akan kamu lakukan setibanya di sana. Setelah mendapatkan informasi yang cukup kamu bisa memulai budgeting, hal ini sangat penting selain untuk mengontrol pengeluaran, dari gambaran budgeting ini kamu bisa atur penghematan di beberapa post.

1. Itinerary

Kamu bisa mulai dengan membuat draft itinerary perjalanan kamu (ini berlaku bagi yang mengatur perjalanan sendiri bukan melalui travel agent), dari draft ini kamu akan tahu berapa malam kamu perlu menginap di hotel A atau B, catat harga per-malam nya dan kali kan, begitu juga dengan budget makan, tambahkan budget di post makan ini untuk kebutuhan tak terduga, misal kamu ingin sekaligus ber-wisata kuliner.

Contoh itinerary:
Day 1 :
Tiba di Makassar, C/in hotel
Sight seeing to Pantai Losari
Lunch
Sight seeing to Port Rotterdam
Dinner
Day 2:
Pagi berangkat ke Tana Toraja by car / bus
Stop di Air terjun Bantimurung, Pare-Pare
Lunch
Tiba di Toraja, Dinner
C/in hotel
Day 3:
Sight seeing to Londa, Lemo, Ketekesu village
Lunch
Dinner
Overnight at hotel
.........etc
Draft hingga hari terakhir perjalanan kamu, dari sini kamu akan lebih gampang membuat budget di masing2 post: Transportasi, Akomodasi, Makan, dan Entrance fee / tiket masuk tempat2 wisata.
Ketekesu Village, Toraja
2. Transportasi dan Akomodasi

Jika kamu punya banyak waktu, kamu bisa menghemat dengan menggunakan transportasi darat atau laut, tetapi jika waktu kamu terbatas, mau tidak mau kamu harus tambah budget kamu untuk tiket pesawat. Rajin2 lah mengumpulkan informasi tentang harga tiket transportasi dan penginapan, dan bandingkan satu sama lain, kamu bisa google atau minta langsung list harga dari beberapa travel agent untuk perbandingan. Pilih yang paling sesuai. Sisihkan juga uang untuk transportasi umum darat.
Kereta Api ekonomi, Italy
Hotel Du Cheval Rouge, Versailles-France

3. Entrance fees

Untuk mendapatkan info ini, kamu bisa google di situs pariwisata daerah yang akan di tuju. Atau begitu tiba di kota yang dituju segera cari lah informasi di Kantor Tourist Information.

4. Peta

Free map banyak di temui di kios2 tourist information. Hal pertama jika kamu tiba di tujuan adalah mencari free map, biasanya di sediakan di bandara, atau stasiun kereta. Dengan panduan peta kamu akan merasa lebih aman, dan bisa me-maximise waktu jalan2 kamu.
Free map dan brochures di hotel, Versailles-France
5. Oleh2

At last walo keliatan sepele, oleh2 juga cukup menguras budget kamu, terutama buat para backpacker yang koleksi temennya dari A sampai AZ lagi. Selektif lah dalam memilih oleh2, biasanya yang paling murah meriah adalah gantungan kunci, boleh juga snacks ringan yang tidak ada di negeri asal, atau kalo mau yang gratis bisa ngumpulin pernik2 khas tempat yang kita kunjungi, misal kalo daerah pantai, kerang2 cantik bisa di jadikan oleh2, atau jika di pegunungan, bisa ngumpulin buah cemara bahkan batu2 kali kecil yang unik untuk cinderamata.
Magnet, oleh-oleh murah meriah
 Nah setelah semua siap, selanjutnya packing. Lakukan packing paling lambat 2 hari sebelum tanggal keberangkatan, ini untuk mengantisipasi faktor "lupa".

Packing

Usahakan mengemas backpack seringkas dan seringan mungkin. Alasannya: karena akan sering berpindah tempat. Buatlah daftar kebutuhan apa saja yang musti kamu bawa:
Bawalah pakaian secukupnya, perhatikan berapa lama kamu akan berlibur di tempat yang di tuju, sesuaikan pakaian dengan kondisi alam tempat itu, misal kalo mau liburan di daerah dingin musti bawa pakaian yang bisa menghangat kan seperti jaket dan syal.

Untuk mengurangi beban bawaan, lebih baik me-organise pakaian yang akan kita pakai tanpa mengurangi fungsi sebenarnya. Misal, bawalah paling tidak 1 long pants dan 2 short pants untuk jalan sekaligus bisa di pake untuk tidur. Gunakan celana jeans jika akan mengunjungi medan yang sulit seperti mendaki gunung di daerah dingin yang di penuhi semak belukar.
Pilihlah pakaian yang bisa membuat nyaman selama perjalanan, seperti t-shirt, kemeja dan jaket dari bahan katun.

Begitu juga pakaian dalam, terutama buat cewe, persiapkan secukupnya, bawalah panty liner dan pembalut wanita secukupnya sebagai antisipasi apabila kita bepergian ke pedalaman.
Jadikan lah satu kosmetik seperti pelembab, sun block, sikat gigi dan lain nya ke dalam satu wadah kedap air. Ini juga untuk memudahkan kita untuk mencari dengan cepat barang2 kecil yang jika tidak di simpan dalam satu tempat di khawatirkan akan tercecer.

Siapkan obat2 an secukupnya. Terutama p3k plus minyak kayu putih atau sejenis yang bisa menghangatkan tubuh. Letakkan dalam kantong kecil dan jadikan satu dengan tas kosmetik
Sebelum packing buatlah list singkat mengenai barang2 yang akan kamu bawa. List ini semacam absensi barang bawaan sebelum kamu masukkan ke dalam tas.

Berhati-hati dan waspada sepanjang perjalanan. Simpan paspor, uang, kamera dan barang berharga lain di tas khusus dan selalu melekat di badan. Jangan pernah dilepas di sembarang tempat.

Jika akan bepergian ke pedalaman (mendaki gunung misal) bawalah bekal makanan secukupnya, hitung dulu dalam sehari berapa bahan makanan yang di perlukan, kemudian di kalikan jumlah hari tinggal. Bawalah makanan instant yang sekarang ini banyak di jumpai di minimarket, seperti mie cup, sosis untuk di bakar, biskuit gandum.
Mendaki kawah Ijen, East Java
 Semoga tips di atas bermanfaat buat yang suka traveling.
Posting Komentar