16 Nov 2013

Warna Warni Dua Musim


The backyard
Siapa sih yang engga suka melihat hamparan hijau alam, seperti pegunungan, kebun, sawah... semuanya terlihat segar, menyegarkan mata dan pikiran. Itu juga yang membuat saya suka akan gardening, bercocok tanam bisa release stress after work, menanam yang hijau-hijau bagi saya seperti yoga... alhasil di halaman kecil rumah saya tak tersisa tanah tanpa tanaman di atasnya. Mungkin karena bawaan juga ya, di saat traveling pun saya suka explore tanaman daerah yang saya kunjungi.

Talking about gardening, halaman belakang rumah tempat keluarga saya tinggal sangatlah luas dan berbatasan dengan hutan kecil. Halaman belakang ini di tanami berbagai macam tanaman.

Setiap tanaman memiliki musim nya, pada saat musim panas kami memanen buah cherry, berry (buka cherry belle yaa hehe...) dan plum. Di musim gugur giliran memanen kacang-kacangan seperti hazelnut dan wallnut. Beruntung nya saya yang bisa mengalami 2 musim itu...

SUMMER COLORS

Pada saat musim panas kebun belakang rumah di penuhi warna warna merah hijau meriah seperti buah dan bunga di bawah ini...

Raspberry
Red raspberry atau frambozen
Rasa dan aroma nya manis asem segar. Raspberry juga di gunakan sebagai syrup (Frambos) dan pastry seperti fruit tartlet dan strawberry sorbet di bawah ini... yum yum...


Cherry
Buah merah yang cantik menawan ini paling sering di gunakan sebagai hiasan cake. Nyampe di Indonesia sudah jadi buah kalengan atau di rendam di larutan cuka dalam toples besar, sering lihat kann cherry awetan yang di pajang di toko bahan kue ;-) Rasa cherry segar jauh lebih enak, rasanya manis seperti buah plum.


Cherry tree at the backyard

Buah cherry liar, sbg pakan burung
Pohon cherry liar


Cherry liar, buah nya lebih kecil
Musim cherry dan strawberry bersamaan, sehingga sering di jumpai keduanya dalam satu rak di supermarket, Carrefour Belgium
Buah cherry segar menggunung di pasar buah musim panas, Versailles France
Plum
Plum juga merupakan buah musim panas, rasanya manis asam dan terdapat biji yang keras di tengah nya sebesar biji buah salak. Saya menemui beberapa jenis plum seperti yang berwarna merah hati dan merah terang di bawah ini
Plum at yard, warna buah sama dengan daun sehingga baru terlihat jika di dekati
Plum di Loire Valley, France mirip buah apel




Blackberry
Pohon berry hitam ini berupa semak perdu berduri. Bentuk daun dan pohon nya seperti pohon mawar, bedanya perdu blackberry ini merambat landai di tanah dan kadang di pohon lain.

Saat masih muda berwarna merah dan rasa masih asam
Blackberry yang matang berwarna hitam, rasa manis nya tak tercela... manisss bgt
Si hitam manis

Roses
Mawar tumbuh subur di daerah dingin, kalo bunga nya sudah pada mekar taman jadi cakep bgt. Makanya banyak orang yang suka menanam mawar di kebun mereka.

Red roses yang di tanam di depan rumah

White rose at the backyard
Mawar-mawar yang indah juga saya temui di beberapa tempat yang saya kunjungi, bunga nya bermekaran di musim panas yang cerah
Pink and white roses di Petit Trianon, Versailes France
 

Pink and Giant rose, di Petit Trianon Versailles Perancis
Di taman gereja Chartres, Perancis

Di Chateu Cheverny, Perancis

Di rumah pertanian, Perancis
Gandum (Wheat)
Tanaman yang di kenal sebagai bahan baku terigu ini ternyata ada bermacam-macam loh. Tapi yang paling di kenal adalah jenis hard wheat dan soft wheat. Hard wheat yang paling banyak di produksi karena berkadar protein tinggi yang di gunakan sebagai bahan baku roti, sedangkan soft wheat yang berkadar protein rendah di gunakan sebagai bahan baku biskuit dan hanya kadang-kadang dibuat roti.

Selain dari jenis biji nya, gandum juga di bedakan menurut musim tanam nya yaitu spring wheat dan winter wheat.

Spring Wheat:
Masa tanam: April hingga Mei.
Masa panen: pertengahan Agustus hingga pertengahan September.
Winter Wheat:
Masa tanam: pertengahan Agustus hingga October.
Masa panen: di panen antara pertengahan Mei hingga pertengahan Juli

Saya mengambil foto ladang gandum ini di bulan Mei 2011, so the wheat must be Spring wheat yang akan di panen di akhir musim panas hingga di awal musim gugur.

Gandum muda (hard wheat)
Ladang gandum hard wheat di tanah pertanian, Braine l'Alleud Belgium
Dalam perjalanan ke Loire Valley, France, kami melewati ladang gandum dan sebuah kincir angin tua... worthed untuk stop by dan took some pictures as below ;-)



Gandum jenis apakah ini??  ;-)
eittss ini bukan orang-orangan sawah yeee ;-p

AUTUMN COLORS

Pada saat awal musim gugur, bunga-bunga yang berwarna-warni mulai layu dan berjatuhan. Begitu juga dengan buah-buahan musim panas yang kemudian berganti dengan buah musim gugur. Setelah puas dengan cherry, raspberry dan plum di musim panas, sekarang giliran buah musim gugur di panen di kebun belakang

Autumn colors
Ivy leaves yang berubah warna di musim gugur, sebelum akhirnya kering dan berjatuhan

Hazelnut
Kacang ini nih yang sering kita temui di olahan cokelat seperti hal nya kacang mete dan almond. Bisa di makan fresh, kacang ini berkulit keras dan bisa tahan di simpan hingga 2 tahun. Satu pohon bisa menghasilkan berkarung-karung kacang ;-) di gudang rumah teman bahkan masih menyimpan panenan hazelnut tahun kemarin.

Buah Hazelnuts di dalam kelopak nya
Hazelnuts tua jatuh dari pohon nya
Pohon hazelnut di tengah-tengah halaman belakang

Hazelnut bisa di makan mentah tanpa di olah

Wallnut
Buah nya berbentuk oval dan berkulit keras. Wallnut kebanyakan di keringkan untuk di gunakan sebagai campuran muesli pada saat breakfast. Bisa di makan fresh walau rasanya lebih enak jika di keringkan, rasa nya seperti kenari.

Buah wallnut yang siap di panen, kulit buah terbuka dan buah yang tua akan jatuh
Hasil panen wallnut dan hazelnut
Memanen Wallnuts yang berjatuhan di bawah pohon nya

Chestnuts
Kalo pernah makan biji nangka yang di rebus, nah seperti itu rasa chestnut, gurih dan ada rasa manis sedikit. Ternyata buah chestnut ini unik lho bentuknya, kulit luar buah ini berduri bagai landak, keras dan tajam. Jadi untuk mendapatkan biji chestnut ini, harus menunggu buah nya jatuh sehingga biji buah keluar dengan sendiri nya.

Tapi karena kulit buah nya berbahaya, chestnuts jarang di tanam di halaman rumah, pohon ini bisa di jumpai di hutan dan perkebunan khusus chestnuts. Saat musim gugur buah chestnuts ini banyak berjatuhan... and it's harvest time!! karena menyenangkan saya dan teman saya pulang membawa satu kantong penuh buah chestnuts hutan.
Pohon chesnuts di pinggiran hutan
Buah Chestnuts yang telah tua


Chestnuts hunt di hutan ;-p
Sekantung penuh chesnuts hasil hunting
Chestnut tidak bisa di makan mentah, cara terbaik memasak nya adalah di bakar di dalam sekam. Bisa juga di masak di atas api kecil, seperti di sangrai kering. Diantara kacang-kacang ini, chestnuts yang paling enak (menurut saya lhoo).

Di sangrai di atas api kecil dengan 2 sdm air

Sebelum di masak, biji chesnuts di belah silang supaya mudah di buka kulit nya


Chesnuts bakar saya temui di Petaling street, Kuala Lumpur
Apple dan Pear
Musim gugur adalah saat nya memanen apel dan pear sebelum salju musim dingin datang. Walo apel  dan pear tidak di tanam di kebun belakang, saya masih bisa foto-foto pohon buah ini di halaman tetangga hehe...

 
Pear menjuntai di luar pagar, gemess pingin ngambil... tapi ga boleh yeee, milik tetangga ;-p

Jenis apel hias, buah nya kecil seperti buah cherry
Apel hias berjatuhan di bawah pohon nya
 

Apel hias kuning menyala
Apel dan pear perkebunan yang di jual di Apple fair
Hasil panen apel dan pear
Selain buah-buahan di atas, musim gugur adalah waktunya jamur tumbuh bermunculan, saya dan teman saya pergi ke hutan for Mushroom Safari, check it out for your reading pleasure ;-)

Ngeceng dengan mobil antik di Apple fair ;-p
Posting Komentar